HS-9 Pistol Semi Otomatis Kaliber 9 mm


Mengenal Sejarah Pistol Semi Otomatis HS-9
HS Produkt merupakan pabrikan Pistol Semi Otomatis HS-9. Pada tahun 1991 IM Metal didirikan sebagai perusahaan yang berkantor di kota Ozalj, Kroasia, sekitar 50 kilometer barat daya ibukota Zagreb, dan fasilitas manufakturnya direlokasi ke Karlovac pada tahun 2000.

Pendiri HS Produkt adalah Ivan Žabčić dan Marko Vuković, keduanya adalah insinyur mekanik. Vuković adalah perancang utama di balik sebagian besar produk senjata sedangkan Vuković merupakan ahli senjata yang memiliki pengalaman tempur sebagai veteran Perang Kemerdekaan Kroasia.

Menyusul keberhasilan pistol HS 2000 di pasar dunia, perusahaan mengubah namanya menjadi HS Produkt. Pada pertengahan 2001, HS Produkt menjalin kontrak jangka panjang dengan perusahaan Amerika, Springfield Inc. (Springfield Inc merupakan pemasok senjata, Polisi AS, militer, FBI dengan berbagai produknya termasuk handgun HS Produkt)

Sejak awal kerjasama tersebut, HS Produkt telah mencatat pertumbuhan penjualan senjata tertinggi di dunia. HS Produkt mengekspor 95% produknya ke pasar AS dan menjadi senjata pistol favorit di AS pada tahun 2003, 2006, 2009 dan 2013.

Dan sekarang,  Senjata HS-9 telah digunakan di jajaran Korps Brimob Polri untuk memperkuat persenjataan unit khusus mereka seperti unit CRT (crisis response team) lawan teror dan unit GAG (Gerilya anti Gerilya) dan penugasan Internasional Polri di PBB dalam misi Formed Police Unit (FPU) di Sudan.


Technical Data HS-9


Length of barrel:
102,5 mm     (optional barrel length:  3” and 5” barrel)
Height:
140 mm/4" & 5"     120 mm/3"
Barrel rifling:
6 grooves, 1 turn in 250mm, right hand
Weight (excluding magazine):
705g ( 4”/ cal. 9x19mm), 760g ( 4”/ cal. .40 S&W), 750g ( 4”/ cal. .45ACP),
735g ( 4” / cal. .357 SIG), 667g( 3”cal.9x19mm), 750g ( 5”cal.9x19mm)
Magazine weight.
85g (cal. 9x19mm), 85g (cal. .40), 99g ( cal. .45ACP), 88g ( cal. .357 SIG)
Magazine capacity:
16 rds.(cal. 9x19mm), 12 rds. (cal. .40, cal. .357 SIG), 13 rds. (cal. .45ACP)
Trigger pull:
2,5 - 3kg
Trigger travel:
“first knee” 10mm / total 13mm
Line of sight:
150mm (cal. 9x19mm)
Safety indicators:
Loaded chamber indicator
Firing pin status indicator
Safeties:
Firing pin block / drop safety
Trigger safety
Grip safety
Sights:
Front blade, dove tail, dot rear square notch, two dot, drift adjustable & replaceable
Special features:
1. Grooved user friendly non-slip grip with thumb rests & combat style trigger guard
2. Rail system for laser and tactical light in front of the frame
3. Ambidextrous magazine release
4. Chrome plated drop free magazine
5. Fires under water up to 3m deep
6. Light weight ultra high impact polymer frame


Pabrikan HS Produkt merancang Pistol semi otomatis HS-9 dengan standard keamanan yang tinggi bagi pengguna dan orang di sekitarnya, antara lain:

1. Firing Pin Status Indicator
Penembak dapat memeriksa status Pin Indikator dengan melihat atau menyentuh untuk memverifikasi  Pin Indikator. Jika Pin indikator dalam kondisi menonjol menunjukkan bahwa sistem pemukul proyektil sudah aktif dan siap di picu dengan menarik pelatuk (triger) untuk melakukan tembakan.


2. The Loaded Chamber Indicator
Load chamber indicator memungkinkan penembak untuk memverifikasi, secara visual atau dengan sentuhan, dan tanpa keraguan bahwa ada putaran di dalam chamber amunisi.


3. Trigger Safety system
Menjaga keamanan senjata agar tidak meledak sendiri ketika terjatuh atau terbentur merupakan terobosan yang revolusioner. Senjata HS-9 melengkapi dirinya dengan Trigger safety system yang mengkombinasikan sistem keamanan pada picu penarik pelatuk (triger) untuk memicu terjadinya penembakan. Sehingga meski senjata terjatuh dan terlempar tidak akan memicu terjadinya ledakan amunisi dalam chamber.


4. Grip Safety
Selain Trigger safety System, HS-9 masih diperkuat dengan standard keamanan Grip Safety yang merupakan sistem mekanis kunci pada lekukan atas Grip Pistol.
Tembakan dapat dilepaskan jika secara bersamaan  Grip Safety dan Trigger ditekan.
Grip di desain dengan sangat ergonomis dengan bahan polimer yang kuat beradaptasi dengan lingkungan ekstrim, suhu panas, anti karat, menggunakan desin yang kompak serta berkontur.