Glock: Pistol Semi Otomatis Partner Polisi Dalam Penegakan Hukum


Jenis Pistol Glock digunakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mempersenjatai unit Kepolisian khususnya. Antara lain di satuan khusus Brimob dan Densus 88 AT. Pistol ini dipilih karena tingkat keamanan, kekuatan dan akurasi yang mempunyai kualitas yang tangguh.

Namun tidak banyak para pemegang senjata Glock memahami bagaimana kualitas dan  sejarah senjata ini dirancang oleh seorang insinyur Radiator di sebuah pinggiran kota Wina Austria yang dikenal sebagai Gaston Glock sampai mampu berevolusi menjadi beberapa generasi. 

Dalam  postingan ini saya turut mengundang pembaca sekalian untuk berdiskusi tentang senjata Glock yang pernah anda gunakan dalam tugas penegakkan hukum atau kompetisi IPSC.  
Gunakan forum diskusi DISQUS dibagian bawah blog Polisi Tactica untuk saling  berbagai pengetahuan dan pengalaman anda.

Sejarah Pistol Glock
Gaston Glock pada awalnya tidak memiliki pengalaman dan background sebagai ahli senjata. Dia merupakan insinyur Austria yang mengelola pabrik radiator di pinggiran kota Wina yang juga menerima pekerjaan pembuatan pisau militer, dan bayonet.

Gaston Glock mulai membuat Glock 17 sebagai prototype pertama dari bahan plastik hitam (Polimer) pada awal tahun 1980-1982. Prototype ini merupakan generasi Pistol revolusioner yang menggunakan bahan Polimer anti panas serta dilengkapi model pengamanan safe action
Gaston menyerahkan protoype pistol buatannya Glock 17 kepada angkatan darat Austria untuk diujikan. Dari prototype ini akhirnya mendapatkan kontrak dua puluh ribu unit dengan Angkatan Darat Austria. 

Meskipun Glock pada awalnya dianggap jelek dan terlihat murahan, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pengakuan kualitas dari para militer, penegak hukum dan warga sipil yang senantiasa mengatakan Glock sebagai Pistol yang akurat dan sangat dapat diandalkan.




Efektifitas Pistol Glock
Secara tekhnis Glock mempunyai keunggulan dengan penggunaan bahan polimer yang tahan panas hingga 200 derajat celcius, sedang keunggulan lain ada pada larasnya. Glock 17 menggunakan poligonal rifling pada laras, yaitu sistim alur dalam laras yang baru dan berbeda dengan alur konvensional.

Glock 17 juga memiliki chamber loaded indicator yang berfungsi untuk mendeteksi kamar peluru. Recoil Spring Glock 17 juga mengadaptasi sistem Captive Recoil Spring, untuk mencegah terjadinya kesalahan proses melepas per tolak balik, sehingga tidak melukai pengguna seperti melukai muka atau mata operator.

Pengoperasian Glock 17 sangat praktis karena tombol dapat diakses dengan mudah tanpa mengubah genggaman, sehingga Glock sangat cocok untuk penggunaan rapid shooting. Glock 17 juga dilengkap 3 tombol yang meningkatkan efektifitas penembak yaitu tombol pelepas magasin, pengunci slide, dan penghenti slide. 

Spesifikasi tekhnis Pistol Glock
Tipe: Pistol Semi Otomatis.
Asal: Austria
Perancang: Gaston Glock
Tahun: 1979-1982
Kaliber: 9x19 mm Parabellum (glock 17 18 19 26 34)
Mekanisme: Rekoil pendek
Kecepatan: 375 m/s (1.230 ft/s)
Jarak efektif : 50 m (55 yd)
Alat bidik: Pisir depan tetap, pisir belakang memiliki Tritium-illuminasi untuk penglihatan malam


 

Mengenal Tekhnologi Revolusioner Pistol Glock
1. Glock menggunakan Polimer Frame
Bingkai Polimer dipilih Glock, untuk membuat revolusi industri pistol dengan memberikan standar baru ketahanan benturan, daya tahan panas, dan masa pakai yang lama, sekaligus mengurangi berat hingga 90%. Keunggulan Polimer Pistol Glock terletak pada kekuatannya, polimer juga mempunyai suhu netral serta membutuhkan lebih sedikit perawatan. 



2. Sistem keamanan pemicu dengan Glock “Safe Action”® 
Sistem Glock "Safe Action" ® terdiri dari 3 pengaman otomatis independen yang dirancang untuk memastikan bahwa pistol tidak dapat menembak secara tidak sengaja karena inersia atau dampak apa pun.  Karena menganut sistem “save action”, yaitu pengaman tuas kecil yang terletak di bawah picu yang akan mengunci picu bila tuas tidak ditekan. Jadi pistol tidak akan menyalak bila picu ditekan mundur, dan picu tidak akan dapat ditekan mundur bila pengaman tidak tertekan.


3. Penggunaan laras dengan tempa dingin 
Glock diproduksi menggunakan metode penempaan dingin sehingga menghasilkan permukaan dan profil interior yang presisi seragam dan konsisten. Dengan metode ini akan menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi, dan peningkatan akurasi yang lebih baik.



4. Pelapisan logam Pistol Glock dengan Nitrite Treatment.
Semua bagian logam dari Pistol Glock dilakukan proses finishing Nitrasi yang mengoptimalkan struktur molekul permukaan tersebut. Teknologi progresif ini memberikan tingkat kekerasan permukaan yang tinggi, daya tahan maksimum, dan ketahanan korosi yang luar biasa, yang mampu membuat Pistol Glock tahan selama bertahun-tahun dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrim.



5. Magazen Glock yang ringan dan kuat
Magazen salah satu komponen paling penting dari sebuah pistol. Perangkat magazen buatan Glock  dibuat dengan presisi, stagger-column, berkapasitas tinggi sehingga mampu menyediakan amunisi dengan andal. Dibuat dengan kulit polimer yang melapisi logam, membuat magazen ini mudah dibongkar untuk dibersihkan dan menjadikannya sebagai senjata yang ringan kuat dan aman.