Catatan Kaki Makalah, Tool Microsoft Word dan Ketentuan Penulisannya

Makalah-NKP

Catatan Kaki Dengan Bantuan Tool Microsoft Word
Catatan kaki, secara bahasa diartikan sebagai catatan dibawah halaman. Ketika membuat makalah penulisan footnote ini sering di anggap penting untuk menyajikan sumber pengetahuan makalah tersebut supaya makalah tersebut dapat dinyatakan sebagai makalah yang valid.

Selain itu catatan kaki (footnote) digunakan untuk menunjang fakta, konsep, dan gagasan serta memberikan penjelasan tambahan terhadap suatu masalah yang dikemukakan dalam teks, atau untuk menjelaskan kutipan secara rinci (sumber kutipan, isi kutipan, halaman,dll). 

Dalam lembar kerja microsoft word , penulis makalah tidak lagi kesulitan membuat catatan kaki (footnote) , karena telah tersedia tool  "insert footnote". Adapun langkah penggunaan sebagai berikut:
  • Taruh cursor di kalimat yang akan ditambahkan catatan kaki.
  • Klik tab "References" yang terletak di bagian atas jendela, di antara "Page Layout" dan "Mailings". Tab ini memungkinkan anda untuk menyisipkan berbagai referensi, seperti tabel isi, catatan kaki dan catatan akhir, kutipan, keterangan dan banyak lagi.
  • Untuk membuat catatan kaki Klik "insert footnote"
  • Anda sudah siap menyisipkan catatan kaki sesuai dengan pedoman.
Makalah-NKP


Ketentuan Umum Penulisan Catatan Kaki 
1. Menggunakan angka penunjuk
Catatan kaki (footnote) diawali dengan memberikan tanda angka catatan kaki (footnote)  seperti : ¹ dibelakang kata/kalimat yang memerlukan penjelasan tambahan/lebih lanjut. 
Contoh :
”.........untuk itu Polri dituntut untuk mampu melaksanakan tugas pokoknya ¹ sebagaimana yang diamanatkan undang-undang...”

Angka ¹ di atas merupakan tanda bagi penggunaan catatan kaki urutan pertama yang ingin menjelaskan lebih rinci tentang kata ”tugas pokok Polri”.

2. Penjelasan angka penunjuk
Penjelasan kata ”tugas pokok” tersebut selanjutnya diuraikan pada bagian bawah sebelah kiri halaman sebagai catatan kaki (footnote) penjelasan.
Contoh :
¹ Tugas Pokok Polri di dalam Pasal 3 Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI...dst
² ”.........Sayidiman Suryohadiprojo (11-12;1980) menyatakan bahwa Ketahanan Nasional......”

3. Ketentuan penggunaan huruf dan spasi
Penomoran catatan kaki dilakukan secara berurutan dari angka 1, 2, 3, 4 dst dengan menggunakan font Arial 10, spasi 1 (single).

4. Contoh catatan kaki (footnote)  dalam lembar kerja

Makalah NKP