Menyajikan Kondisi Faktual




Apa itu kondisi Faktual?
Kondisi faktual adalah kondisi yang nyata, benar-benat terjadi dan tidak terikat waktu.
Dengan kata lain kondisi faktual bisa berlangsung dari masa lampau sampai dengan kondisi saat ini.
Tentu jika dikaitkan dengan penyusunan makalah kondisi faktual merupakan kondisi realistik yang ditemukan berdasarkan persoalan yang dipilih.


Apa yang perlu disampaikan dalam bab ini?
Sebelum masuk menerangkan kondisi faktual, ibarat musik kita buatkan intro dulu...
Kita buat Pra-pembahasan......................yang membuka jalan pemahaman bagi pembaca.

Pada umumnya sebelum membahas kondisi faktual di Bab III, dibuat paragraf yang menjelaskan dan mendeskripsikan permasalahan yang nyata dan tengah terjadi.
Ingat yang dituangkan adalah tentang permasalahan....ulangi tentang permasalahan dan belum membahas persoalannya.
Paragraf agar menarik berikan tambahan data primer dan data sekunder yang dikumpulkan penulis untuk menunjang kajian dan memahami persoalan yang terjadi.

Data Primer : merupakan data yang didapatkan atau dikumpulkan melalui studi-studi sebelumnya yang diterbitkan oleh ebrbagai instansi lain. Dalam jenis ini biasanya sumbernya tidak langsung yang berupa arsip-arsip resmi.
Data Sekunder : merupakan data yang didapatkan dengan cara sendiri-sendiri atau perorangan yang secara langsung dari objek yang akan diteliti untuk kepentingan studi, biasanya berupan observasi atau interview

Data yang disajikan bisa berupa tabel, grafik dan diagram yang diambil dari sumber resmi. Jangan lupa sertakan asal data diperoleh pada keterangan tabel, grafik dan diagram


.
Konsistensi terhadap permasalahan yang dibahas
Penulis yang baik mempunyai konsistensi pembahasan baik di awal makalah, isi makalah dan penutup makalah.  Konsistensi ini akan membuat tulisan mengalir dan mudah dipahami.
Penyajian bahasan tidak malang-melintang kemanana-mana dan cenderung keluar dari pokok-pokok persoalan (lihat pokok persoalan pada Bab I).



CONTOH:


Dari kondisi faktual terkait persoalan yang dibahas, tentu mempunyai konsekuensi berupa Implikasi.
Implikasi kondisi faktual merupakan analisis awal tentang sebab dan akibat dari kondisi yang terjadi dalam konteks kelemahan (negatif).
Implikasi akan berbuah konsekuensi atau akibat langsung yang menjelaskan keterkaitan, keterlibatan dan efek dari persoalan yang dianalisis.

Tidak perlu banyak tapi bisa menjelaskan secara komprehensif implikasi yang timbul akibat persoalan yang di analisis sebagaimana contoh.